Sabtu, 01 September 2007
Dubes Vatikan Kembali Kunjungi Papua
Duta Besar Vatikan (Nuncio Apostolik) untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli kembali mampir ke Papua. Sebelumnya, ia pernah datang membawa pesan Paus

Hidayatullah.com--Duta Besar Takhta Suci Vatikan (Nuncio Apostolik) untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli melakukan kunjungan pastoral (kegembalaan) ke Keuskupan Timika, Mimika, Papua sejak Jumat (31/8) hingga Senin (2/9).

"Agenda utama lawatan pastoral Dubes ke wilayah pegunungan tengah Papua itu untuk menghadiri perayaan syukur 80 tahun karya sosial dan keagamaan Gereja Katolik Mimika yang menurut rencana berlangsung Ahad (1/9) di Kokonao, Distrik Mimika Barat," kata Uskup Timika, Mgr John Philip Saklil,Pr di Timika, Sabtu.

Mgr Leopoldo Girelli tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, ibukota Kabupaten Mimika, Jumat (31/8) siang dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia dari Denpasar, Bali.

Di tangga pesawat, Dubes disambut Uskup Timika Mgr John Philip Saklil Pr dan Penjabat Bupati Mimika Atanasius Allo Rafra SH, para Muspida serta pemuka agama Katolik setempat dan langsung diarak ke jantung kota Timika.

Saat turun dari mobil yang membawanya, Dubes Vatikan ini disambut tarian adat Kamoro "Ereka Tao" yang dibawakan 50 orang pria dan wanita.

Tarian ini mengisahkan seorang yang diutus Tuhan datang melihat umat dan tanah Kamoro. Ketua penari Kamoro, Gasper Aumurauw mengenakan Yauwmako, semacam topi kebesaran pada kepala Mgr Girelli Dubes Vatikan itu serta mengalungkan bunga berwarna kuning putih pada Uskup Timika John Philip Saklil.

Setiba di istana Keuskupan Timika, Dubes Vatikan juga disambut kelompok ibu-ibu penari suku Amungme.

Leopoldo Girelli mengaku sangat antusias dengan tarian adat yang dibawakan masyarakat suku Kamoro dan Amungme yang merupakan dua suku terbesar yang mayoritas warganya menganut Katolik di Kabupaten Mimika.

"Dengan cara anda membawakan tarian yang begitu sederhana, sangat asli dan alamiah menunjukkan kedekatan masyarakat Mimika dengan Tuhan dan alam," tutur Girelli.

Bukan Pertama

Ini bukan kunjungan pertama Leopoldo. Sebelumnya, wakil Vatikan ini sudah pernah ke Papua. 11 Pebruari 2007 lalu, Mgr Leopoldo Girelli yang memulai kunjungan pastoral (kegembalaan) di Pegunungan Tengah, Papua. Dia juga menyempatkan diri mengunjungi masyarakat Abmisibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini (PNG).

Ia menumpang pesawat khusus jenis Pilatus Potter, didampingi Uskup Jayapura, Mgr Leo Laba Ladjar,OFM, Sekretaris Keuskupan Jayapura, Erhardus Desa dan Ekonom Keuskupan, Suster ModestaFSGM, pada Sabtu (10/2) mendarat mulus di lapangan terbang (Lapter) Abmisibil.

Saat ceramah di gereja Bintang Timur, Dubes Vatikan ini mengatakan, dirinya datang ke Abmisibil untuk membawa berkat Apostolik Paus Benedictus XVI bagi umat Katolik dan masyarakat di wilayah perbatasan ini.

"Saya mendorong kalian semua agar menghayati iman secara utuh dan hidup sebagai orang Katolik serta mencintai sesama manusia,"katanya. [ant/hid/www.hidayatullah.com]

Label:

 
posted by Gerakan Mahasiswa Pembebasan Kom. UNM at 07.16 | Permalink |


0 Comments: